Unallocated Hard drive Partition saat instalasi Windows

kali ini saya ingin berbagi pengalaman saat instalasi Windows 8 ke Windows 7
atau Windows 10 ke Windows 7/ dan sebaliknya
Saya punya teman yang bekerja di sebuah toko komputer
meskipun baru beberapa bulan membuka usaha di daerah tersebut
namun cukup cepat mendapatkan pelanggan di karenakan dia cukup terkenal di daerah tersebut
aura artis kali ya hahah ;D...
Suatu saat dia bercerita bahwa telah menghilangkan data 1 sekolah wah ko bisa . .
jujur saja teman saya ini belajar komputer otodidak jadi ya mungkin selip kali hehe licin tong...;D
Namun dia bercerita saat itu guru datang dan mengatakan bahwa dia bingung menggunakan windows 8 dan meminta teman saya untuk menginstal windows 7
Guru tersebut berpesan data local disk D tidak boleh hilang/terformat di karenakan data sekolah yang cukup banyak,teman saya pun melakukan instalasi menggunakan flashdisk dan dia mulai menginstal
namun saat memasuki tahap partisi dia bingung..
tampak seperti gambar di bawah ini


gambar di atas hanya contoh partisi pada windows 8
teman saya pun berfikir delete saja partisi yg tidak perlu
yang penting Local disk D tempat data ga di otak atik namun saat ingin melanjutkan
tombol next tidak dapat berfungsi dia mulai bingung ah dari pada pusing-pusing balikin aja ke windows 8 lagi tinggal kasih themes kayak windows 7 biar orang nya ga bingung...
namun dia sangat terkejut saat memasuki partisi kembali
paritisi menjadi UNALLOCATED namun di karena kan teman saya cukup pintar dalam berbicara dan memiliki aura artis ;D dia pun lolos kebabak final haha (tidak di tuntut pihak sekolah )
buat Teman" yang sering mengalami masalah tersebut sebelum melakukan instalasi windows jangan dulu mendelete partisi/partition karena memperbaiki atau mengambil data pada hardisk yang menjadi unallocated space sangat sulit namun saya akan memberikan tips agar terhindar...
saat memasuki tahap seperti gambar di bawah ini


tekan SHIFT+F10 pada keyboard
ketik DISKPART enter
ketik kembali LIST DISK enter
Perhatikan Gambar di bawah ini


jika hanya 1 disk sebaiknya backup data dahulu sebelum mendelete salah 1 partisi
jika permasalahanya ada partisi saat di next eror not support
coba lakukan seperti gambar di bawah ini



Namun lebih baik backup seluruh data dahulu dan jangan mendelete satu Partisi pun
karena terkadang cara di atas ada yang mau dan ada juga yang tidak
saya sangat senang jika teman-teman berkomentar ingin menambahkan
atau membenarkan jika ada yang salah
Blog ini bukan yang terbaik dan terlengkap cuman ingin berbagi pengetahuan
semoga membantu untuk para teknisi komputer dan teman" yang lagi belajar Instal windows
Trima kasih sudah berkunjung ;D



Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi DNS tidak Merespon atau Terhubung dengan Internet,Solved..!!

PRINTER LASERJET Kertas Robek dan Nyangkut di Tengah,SOLVED..!!!